Bahaya Nanas Bagi Kandungan

bahaya nanas bagi kandunganNanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus.Nanas mengandung kandungan yang sangat banyak bagi kesehatan.Namun di balik itu,nanas juga di percaya dapat membahayakan kandungan yang muda.Bahaya nanas bagi kandungan bromelain di dalam nanas yang dikhawatirkan akan menggangu kondisi kehamilan anda, apalagi bila anda memiliki riwayat keguguran sebelumnya. Hindari mengkonsumsi nanas yang masih muda dengan kulit berwarna hijau, meskipun demikian bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi nanas, konsumsi nanas dengan jumlah yang terbatas dan juga pilih buah nanas yang matang.

Makan nanas terlalu banyak juga dapat menyebabkan diare dan penyakit maag. Ini dikarenakan kandungan asam dari buah tropis ini memang cukup mengganggu untuk lambung yang sensitif. Bumil yang menderita gastritis jelas tidak dianjurkan mengonsumsi buah ini, selain untuk kesehatannya sendiri, juga untuk menjaga kondisi janin.Di dalam ilmu kedokteran belum ada yang bisa menerangkan bahwa nanas dapat menggugurkan kandungan, tetapi sebaiknya berhati hati saja bila mengkonsumsi buah nanas apalagi buah nanas muda, hindari bagi wanita yang hamil muda, karena mitos dari buah nanas muda ternyata dapat menggugurkan kandungan si buah hati anda.Mitos tentang Bahaya nanas bagi kandungan itu memang ada,jadi berhati hati lah bagi anda para ibu ibu hamil.

Para peneliti mengklaim bahwa buah nanas mengandung bromelian, yaitu enzim yang memiliki efek melemahkan leher rahim dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi. Jika seorang ibu hamil mengkonsumsi nanas dalam jumlah yang berlebihan juga bisa menyebabkan diare. Banyak wanita hamil yang makan mengeluh diare, sementara beberapa wanita lain yang makan nanas tetap sehat sampai trimester ketiga kehamilan. Hal ini kemungkinan karena bromelian umum ditemukan dalam buah nanas segar atau yang masih muda, dan jika sudah dikalengkan atau diproses menjadi jus, kemungkinan bromelian akan hancur.Jadi bagi anda para ibu hamil,hindari nanas karena nanas berbahaya bagi andungan anda.

Bahaya Nanas Bagi Kandungan | | 4.5